Kencan Dengan Si Pemalu Asal Finlandia

🌳               🌳                🌳               🌳

Berkencan dengan pria Finlandia?

Untungnya waktu saya au pairing di Finland saya masih single (belum menikah), iya jelas untuk menjadi au pair haruslah anak muda yang belum menikah.

🍂        🍂       🍂      🍂       🍂       🍂

Masa-masa kelam nan sunyi di Finlandia Utara sudah lewat. Waktunya move on dan move in. Setelah pindah ke selatan orang yang dapat saya jumpai lebih banyak.

Jadi au pair ga cuma berurusan sama anak-anak kecil dan stuck di rumah host family kok. Tujuannya kan pertukaran budaya jadi kita juga bebas untuk eksplor diri selama kita tinggal di sana, berteman bahkan berkencan. 🍒

Continue reading “Kencan Dengan Si Pemalu Asal Finlandia”

Advertisements

Menjadi Au Pair di Belanda

👣

         👣

Menjadi Au Pair, bertukar budaya, jalan-jalan tentunya berbeda jika kita hanya sekedar datang untuk menjadi turis. Dengan menjadi au pair kita dapat merasakan dan memahami budaya sesungguhya dari Negara yang kita kunjungi.

Setelah Finlandia, saya berencana melanjutkan au pair ke negara lain. Belgia dan Belanda adalah negara yang menjadi tujuan berikutnya. Saya secara mendadak jatuh cinta dengan negara Belanda karena pemandangannya yang begitu hijau di banding Finlandia yang terkesan kelabu.

Lagi pula saya berencana melanjutkan study ke Belgia.

Saya mendaftar di beberapa agensi au pair, seperti :

Continue reading “Menjadi Au Pair di Belanda”

Belajar Bahasa Finlandia Dasar

Menjadi au pair di Finland berarti kita akan banyak berinteraksi dengan anak-anak dan mau tidak mau kita harus mengerti beberapa kata dalam bahasa Finnish.

So, berikut ini ada beberapa kosa kata sederhana yang bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan mereka.

Halo : Terveh, Moi, Heipa, Moro

(Perkenalan)

Saya : Minä

Saya adalah Ana : Minä olen Ana

Saya adalah Ana, Senang bertemu dengan mu : Minä olen Ana, hauska tutustua

Continue reading “Belajar Bahasa Finlandia Dasar”

Tips Packing Untuk Berpergian Ke Luar Negeri

A540A2A1-06D8-4FC7-A9D7-D90258E2AD16-3097-000005D941215823
Source Google

Dear au pairs, gimana persiapannya?

Hari keberangkatan tinggal hitungan hari. Tapi persiapan masih setengah siap.

Kapasitas bagasi ada limitnya lagi, duh gimana dong? Apa saja sih yang perlu di bawa dan mana yang lebih penting?

Tenang, jangan panik… Masing-masing maskapai penerbangan memberikan fasilitas bagasi gratis dengan kapasitas yang berbeda-beda. Ada yang sampai 30 Kg loh seperti maskapai penerbangan Garuda Indonesia, atau kurang lebih 22 Kg untuk maskapai lainnya.

So pilihlah barang-barang yang kemungkinan akan terpakai dan berguna nanti, di antaranya: Continue reading “Tips Packing Untuk Berpergian Ke Luar Negeri”

Move On With The New Host Family

Setelah saya merasa tidak kerasan di keluarga sebelumnya akhirnya saya menemukan keluarga baru di Finlandia Selatan.

Tepatnya di sebuat kota kecil bernama Lempäälä, area Tampere.

Tampere merupakan salah satu kota terbesar ke tiga di Finlandia. Jarak antara Lempäälä ke Tampere adalah sekitar 20 Km dan dapat di tempuh dengan mobil selama 20 menit atau 9 menit dengan kereta. Tidak heran, karena lalu lintas yang lancar tanpa macet dan jadwal tiba bus maupun kereta yang selalu on time.

Sangat berbeda dari kehidupan sebelumnya. Di sini masyarakatnya lebih terbuka dan open minded serta populasinya lebih banyak.

Saya dapat mengikuti kurus bahasa, Inggris dan lokal (Finnish) setiap Senin dan Rabu malam. Bertemu teman-teman baru dan bahkan bisa berpetualang sendiri. Keluarganya pun sangat baik dan menyenangkan. Kalau saya sedang pegal-pegal atau tidak enak badan, host mom suka memijat dan memberi makanan yang saya suka. Hehe

Apa saja yang diperlukan untuk kepindahan kita? Continue reading “Move On With The New Host Family”

Mengenal Budaya Finlandia

63CF33DB-93FB-4C19-ABE9-7E34C6BBE9A5-2856-0000051F50F81405Sesuai dari tujuan program au pair, yaitu pertukaran budaya, lalu pengetahuan apa sih akhirnya yang didapat dari menjadi au pair di Finlandia?

Ohh.. Banyak sekali. Mulai dari mengenal karakter khusus orang Finlandia yang cenderung introvert, melihat aurora borealis atau northern lights sampai mencoba sauna yang merupakan kebiasaan yang dilakukan masyarakat Finlandia pada umumnya.

Continue reading “Mengenal Budaya Finlandia”

Tipe-tipe Keluarga yang Ditemui Saat Pencarian Keluarga Angkat Au Pair

Masa-masa pencarian keluarga angkat, saya akui masa itulah yang paling menjemukan. Bosan, kesal, was-was, lelah, bahkan sempat putus asa.

Hari demi hari berganti, lalu bulan ke bulan berikutnya. Bahkan untuk beberapa yang kurang beruntung bisa sampai tahunan atau tidak mememukan sama sekali. Tapi yang namanya usaha pantang jika dilakukan setengah-setengah.

Kali ini saya akan menceritakan tipe keluarga yang mungkin saja akan kita temui dalam proses pencarian keluarga angkat program au pair ini.

Continue reading “Tipe-tipe Keluarga yang Ditemui Saat Pencarian Keluarga Angkat Au Pair”

Pengalaman Buruk Au Pair

A2418EBE-3629-4BD4-A4BE-8D670E164C90-1591-0000021ABF84BADB
Source Google

Menjadi Au pair untuk pertama kali tentu tidak mudah. Banyak hal-hal yang tidak seperti kita bayangkan dapat terjadi seperti shock culture hingga ketidak cocokan dengan keluarga angkat (host family).

Setelah beberapa bulan masa pencarian keluarga angkat, ditolak sana sini, menjadi pilihan ke dua ke tiga (cadangan) dan lain-lain, akhirnya saya menemukan keluarga di Finlandia yang menerima saya menjadi Au Pair mereka. Sesi tanya jawab melalui email pun telah terjawab dan pada akhirnya menuju proses pembuatan visa. Untuk pembuatan visa tersebut memerlukan kontrak yang telah disepakati sebelumnya dengan calon keluarga angkat.
Continue reading “Pengalaman Buruk Au Pair”

Serba Serbi Menjadi Au Pair di Finlandia

girl-with-passport-and-suitcase Source Google

Hallo…

Tulisan pertama setelah vakum dari dunia perblog-blogan.

Ini  sudah beberapa bulan setelah kepulangan saya dari Finlandia.

Finlandia? Eropa? Ngapain?

Karena saya ga sempat menulis blog sebelumnya maka saya akan mengulas beberapa hal pada kesempatan kali ini. Waktu itu saya ke Finlandia dengan mengikuti program pertukaran budaya, Au Pair.

Apa sih Au Pair itu? Au pair itu adalah program pertukaran budaya biasanya lebih terkenal di negara-negara maju seperti di Eropa dan Amerika, dan belakangan ini Au Pair mulai diminati oleh anak-anak muda Indonesia. Anak muda berusia 18 hingga 30 tahun atau bahkan di beberapa negara batasan umurnya hanya mencapai 26 tahun dapat mengikuti program au pair ini.

Continue reading “Serba Serbi Menjadi Au Pair di Finlandia”