Sekolah Gratis Di Finlandia (Rencana Selanjutnya Setelah Au Pair-ing)

Setelah satu tahun menjadi au pair di negara orang, kira-kira ngapain ya?

Hmm… Pulang ke Indonesia atau lanjut jadi au pair di negara lain? Karena rata-rata waktu maksimal jadi au pair di beberapa negara di Eropa hanya satu tahun setelahnya wajib meninggalkan teritorial negara tersebut dengan pulang kembali ke negara asal atau secara legal pindah dan menjadi au pair di negara lainnya.

Buat kamu-kamu yang pengen banget ngerasain sekolah gratis, ada beberapa negara yang tuitionnya free alias sekolah gratis yakni Norway dan Finland.

Tapi untuk negara Finland kamu wajib menggunakan bahasa pengantar Finnish language untuk study-nya.

Bahasa ini cukup sulit untuk dipelajari tapi jika kamu intensif belajar dan improvisasi dengan mencoba berkomunikasi menggunakan bahasa Finnish kamu pasti cepat bisa walau cuma setahun belajar.

Untuk masuk ke sekolah di Finlandia cukup sulit tergantung tingkatannya. Mungkin kamu bisa mencoba vocational college yang menawarkan beberapa jurusan sesuai minat kamu. Vocational college ini sama dengan sekolah kejuruan. Tapi di sini kesempatan dan peluang untuk dapat kerja juga besar kok dan lebih banyak, karena terbiasa kerja dan prakteknya.

Jika dirasa sulit menembus tingkat universitas kamu bisa coba college  tersebut sebagai langkah awal sambil menyempurnakan bahasa Finnish kamu, jika kamu merasa kurang cocok dengan jurusan yang kamu pilih kamu kan bisa mencoba lagi untuk masuk universitas di tahun berikutnya. Yahh memang panjang jalannya, lebih banyak waktu juga biaya tentunya, tapi segala sesuatu butuh pengorbanan bukan? Tidak ada sukses yang instan tapi semua orang bisa sukses kalau di mau dan berusaha!

Tertarik? Kamu bisa ambil langkah awal untuk belajar bahasanya terlebih dahulu dan jika sudah bertemu host family minta saja untuk diberi fasilitas kursus bahasa Finnish intensif dan jangan lupa untuk mengasahnya setiap hari.

Oh iya… meskipun gratis, tapi untuk visa dan biaya hidup kamu tetap butuh uang di rekening kamu sekitar 8.000 € – 10.000 € untuk jaminan hidup (tergantung negara), maka untuk itu kamu harus giat menabung atau mencari sponsor, entah itu host family kamu mungkin atau mungkin kalau beruntung kamu bertemu pasangan atau keluarga kamu di negara asal yang bersedia mensponsori kamu.

Uang jaminan tersebut memang dibutuhkan untuk kamu hidup sehari-hari dari makan, minum, transport serta tempat tinggal. Selebihnya setelah kamu mulai bersekolah kamu bisa kembali part time. Mandiri sekali kan? Semangat.. 😘

Advertisements

8 thoughts on “Sekolah Gratis Di Finlandia (Rencana Selanjutnya Setelah Au Pair-ing)

    1. Semua aman kok asal udah jelas kesepakatannya saat interview. Tapi untuk rekomendasi negara paling bagus untuk au pair ya Belanda, selain tidak ribet regulasinya juga jelas.

      Like

    1. aku udah posting semua lho sis, dibaca lagi aja ya 🙂 Dapet host family dulu dong, gimana caranya vikin visa kalo ga ada gost family sebagai sponsor 🤦🏼‍♀️🤔

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s