Prosedur Legalisir Akta Kelahiran di Kedutaan Belanda

Bagi siapapun yang hendak mengajukan izin tinggal di Belanda lebih dari 3 bulan untuk keperluan apapun, kalian akan membutuhkan akta kelahiran untuk di bawa ke Belanda. Tanpanya kita tidak bisa memproses izin tinggal jangka panjang setibanya di Belanda.

Dokumen yang di ajukan juga usianya tidak boleh melebihi 3 bulan. Untuk itu saya akan berbagi mengenai prosedur legalisir akta kelahiran.

1. Pertama, mengurus akta lahir kutipan ke dua.

Bagi yang aktanya berusia lebih dari dua puluh tahun atau belum dwibahasa dapat memperbaharui dan mengubahnya ke akta kelahiran kutipan kedua (dwibahasa) di kantor catatan sipil tempat akta pertama kali diterbitkan. Prosesnya cukup lama sekitar 2 minggu hingga akta kutipan ke dua jadi dan tidak dipungut biaya.

Untuk berjaga-jaga, minta lah spesimen pejabat yang akan menandatangani akta kutipan kedua nantinya. Spesimen ini akan di lampirkan dalam dokumen yang diperlukan untuk legalisir akta di Kemenkumham.

Dokumen yang diperlukan untuk mengajukan akta kutipan ke dua antara lain :

– Akta kelahiran asli dan foto copy-nya

– Foto copy KTP

– Foto copy KK

– Surat kuasa apabila diwakilkan*

**Tiap suku dinas catatan sipil tiap daerah memiliki kebijakan masing-masing jadi bisa juga ditanyakan terlebih dahulu mengenai dokumen yang diperlukan. Karena akta lahir saya terbit di Yogyakarta maka saya mengurusnya di catatan sipil di Yogyakarta. Cukup simple dan jelas pelayanannya.

2. Legalisir di Kemenkumham

Setelah mendapat akta lahir yang baru segeralah memprosesnya ke Kemenkumham, yang terletak di Jalan H. Rasuna Said, jika naik busway bisa turun di halte Gor Soemantri.

Dokumen yang di butuhkan :

– Akta kelahiran kutipan kedua yang asli dan foto copy-nya.

– Foto copy KTP

– Specimen form

– 1 Materai Rp 6.000,-

Masukan ke map berwarna apa saja dan bawa ke Kemenkumham bagian Dirjen AHU  lantai 3.

Untuk biaya legalisir perdokumennya sebesar Rp 25.000,- dan memakan waktu kurang lebih 3 hari kerja.

3. Legalisir di Kementerian Luar Negeri

Jika sudah mendapat akta yang sudah dilegalisir Pejabat Kemenkumham, tahap selanjutnya ialah legalisir di Kementerian Luar  Negeri. Dokumen yang di perlukan  hanya akta kelahiran yang asli saja dengan map kuning.

Biaya yang di kenakan adalah sejumlah Rp 25.000,- . Akan tetapi karena sistem pembayaran yang selalu berubah lebih baik membawa atm mandiri untuk dapat bertransaksi langsung di loket, apabila tidak ada dapat membayar terlebih dahulu di teller mandiri. Sejujurnya agak berbelit, karena teller mandirinya berada di gedung yang berbeda. Lama proses legalisir di sini juga 3 hari kerja.

4. Legalisir di Kedutaan Belanda

Nah, proses terakhir tinggal legalisir di Kedubes Belanda. Bawa akta yang sudah di legalisir Pejabat Kemenlu ke Kedutaan Belanda. Setibanya sampai di gerbang nanti akan di arahkan oleh satpam untuk menaruh tas dan handphone di loker sebelum masuk ke tempat pengurusan visa dan legalisasi.

Untuk biaya legalisirnya adalah sebesar Rp 400.000,- dan dapat langsung di ambil sore hari pukul 14:30-15.00. Datang lah pagi hari untuk legalisir karena sore hari hanya untuk pengambilan saja. Untuk legalisir tidak perlu membuat appointment dan bisa langsung  datang.

**Ps: Jika tidak bisa atau berhalangan hadir karena suatu sebab atau kendala jarak dan waktu kita dapat menggunakan jasa calo. Tentu akan memakan biaya lebih mahal dibanding mengurus sendiri.

 

Advertisements

2 thoughts on “Prosedur Legalisir Akta Kelahiran di Kedutaan Belanda

  1. Hi. Salam kenal.
    sy mau nanya apa benar kalau kita mau jd au pair di belanda itu hosfam yg bakalan byr biaya agencynya dan kita jg dapat tiket pp. Is it true?

    Like

    1. Yep, that’s true. Host fam yang menanggung biaya agency dan visa, sedangkan untuk tiketpesawat itu tergantung kesepakatan keduabelah pihak. Tapi kebanyakan mereka cuma membiayai tiket pulangnya

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s