Kencan Dengan Si Pemalu Asal Finlandia

🌳               🌳                🌳               🌳

Berkencan dengan pria Finlandia?

Untungnya waktu saya au pairing di Finland saya masih single (belum menikah), iya jelas untuk menjadi au pair haruslah anak muda yang belum menikah.

🍂        🍂       🍂      🍂       🍂       🍂

Masa-masa kelam nan sunyi di Finlandia Utara sudah lewat. Waktunya move on dan move in. Setelah pindah ke selatan orang yang dapat saya jumpai lebih banyak.

Jadi au pair ga cuma berurusan sama anak-anak kecil dan stuck di rumah host family kok. Tujuannya kan pertukaran budaya jadi kita juga bebas untuk eksplor diri selama kita tinggal di sana, berteman bahkan berkencan. 🍒

Memperluas jaringan pertemanan di jaman sekarang sudah sangatlah mudah. Mulai dari berkenalan langsung dari tatap muka di cafe, bar, club atau restoran. Kalau kenalan di jalan ini agaknya jarang sekali terjadi di Finlandia. Di jaman teknologi canggih seperti sekarang ini juga memungkinkan untuk melakukan online dating dari beberapa situs dan aplikasi.

But.. If it is turns into dating with whom we call them “bule”, somebody with blonde haired and blue/green eyes, remember we have different way in dating between European and Asian.

As an Asian we know about morals man before woman in dating. But it’s also depend of the people itself, whether they’re open minded or more conservative.

Di Finlandia, menurut saya tipikal orang-orangnya sederhana dan pekerja keras. Wanita maupun pria memiliki derajat yang sama. Keduanya bekerja, membayar pajak, mengurus pekerjaan rumah. Jadi tidak heran jika banyak laki-laki di sini pintar mengurus rumah tangga seperti memasak, membersihkan rumah karena mereka sudah terbiasa mandiri.

Selepas 18 tahun biasanya mereka mulai keluar dari rumah dan tinggal sendiri untuk melanjutkan sekolah di kota yang berbeda maupun untuk bekerja. Usia 18 tahun dianggap sudah cakap hukum dengan kata lain secara hukum dianggap sudah dapat bertanggung jawab atas perbuatan-perbuatan yang dilakukannya, mereka juga sudah dapat memasuki bar atau night club atau legal untuk membeli minuman beralkohol dari supermarket.

🌼Small Talk

Mereka lebih suka membuat janji dan bertemu langsung untuk berbincang-bincang dibanding dengan chatting. Mereka akan menghubungi ketika akan betemu atau jika dirasa perlu.

Jadi sabar aja kalo kadang kita ngerasa kesepian sedikit. Making a Finn talk is quite a feat.

🌚 Shy

They’re shy at first but after they’re getting along and comfortable with you, you’ll make a long forever friendship with them. Yeah as introverts they’re more picky, nah actually they’re not picky just love their personal space more than anything, so when someone come into his world she is really meaningful to him.

Waktu itu saya pernah berkenalan dengan seorang pria Finlandia, sebut saja John, ia sangat pemalu. Tapi karena malunya dia tend to lebih ke ga percaya diri saya jadi ilfeel.

⛱ Hargai Waktu Mereka

Waktu bagi mereka sangat penting. Hari-hari mereka diisi dengan rutinitas bekerja atau belajar setelah itu mereka mengisinya dengan olah raga dan casual social hang out.

Pernah waktu itu saya sedang di kantor imigrasi yang kebetulan cuma 1 km dari tempat tinggal Teemu, seorang pria Finlandia bermata coklat. Saya tanya apakah saya dapat mampir ke tempatnya atau tidak mumpung dekat, namun dia bilang dia harus benar-benar berkonsentrasi untuk urusan per-pilotannya kala itu. Wahh.. yasudah mau gimana lagi namanya juga prioritas. Ga perlu curiga, karena emang ga ada yang perlu untuk dicurigai. Kalo dia memang sedang ada waktu, waktunya dia full untuk saya kok. Hehe

Jadi beri dia ruang untuk melakukan hal-hal yang perlu dia lakukan, beri dia ruang untuk bersosialisasi dengan teman-temannya baik sahabat atau hobby nya. Percaya deh, dia ga akan ke mana-mana. You just are not supposed to be that clingy, have your own life, meet your friends, do your hobbies and be independent.

💗 Deket aja dulu cinta urusan belakangan

Kalo sama mereka kita ga bisa buru-buru minta kejelasan, yang ada mereka getting scared. Atau jangan sekedar karena mereka “bule” kita jadi beranggapan mereka sesuatu yang wow. Mereka juga manusia biasa, ada yang berkualitas ada yang ngga. So take it slow and let see. Toh kita juga belum tentu yakin juga kan mau sama yang “ini”. Jangan karena dia ganteng banget atau mapan terus kita jadi buru-buru pengen dinikahin. Yakali.

Eh ya itu sih terserah kalian. Tapi kalo saya pribadi engga suka buru-buru. Kenal udah lama aja belum tentu yakin saya akan menghabiskan akhir hidup saya bersama orang yang “ini” misalnya.

🍄 Gentleman

They might looks calm and quiet evertime but they’re real gentlemen. Kalo dia emang ga ada niatan serius dia akan bilang kok dari awal, jadi kita gausah kebawa baper. 🙂

💍 Don’t plan too far ahead, just live the present and the rest will follow

Ya.. Jalani aja dulu apa yang ada sekarang dan biarkan selanjutnya mengalir aja sih. Kita ga akan pernah tau apa yang akan terjadi kan. 😉

Just because you are a couple though, it doesn’t mean it’s serious. It simply means you are trying it out.

 

🍻 Cheers 🥂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s