Mengurus Visa Au Pair Belanda

CB589600-474F-4EB8-9A17-DF27633D88F1-233-0000002079A65489Akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada sebuah keluarga kecil yang tinggal di Belanda.

Adapun syarat dan ketentuan menjadi au pair di Belanda, antara lain :

🎂 Usia: 18-30 tahun

💃🏻 Single / belum menikah

💶 Uang saku:
Biasanya Au Pair akan menerima uang saku sebesar 300-340 Euro/bulan.

⏰ Waktu kerja:
Maksimal 8 jam/hari dengan total jam kerja maksimal 30 jam/Minggu.

🏖 Berhak mendapat waktu libur berbayar 2 minggu dan day off on weekend (Sabtu-Minggu).

📅 Lama tinggal:
Maksimal 1 tahun.

📇Visa:
Kamu harus mengajukan permohonan untuk memperoleh visa ijin tinggal sementara (MVV), untuk mendapatkannya kamu perlu surat undangan dari IND terlebih dulu, yang menyatakan bahwa kamu sudah diperbolehkan memasuki wilayah negaranya. Setelah tiba di Belanda, kamu harus memperpanjang ijin tinggal untuk masa lebih dari 3 bulan. Kamu bisa cek visa requirements di situs kedutaan Netherlands.

🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷

Pihak agency dari Belanda yang ditunjuk host family saya pun sudah mengkontak saya via email.

Saya harus mengisi beberapa surat pernyataan, form aplikasi dan mengirimkannya bersama dengan beberapa dokumen lainnya. Dokumen-dokumen ini akan diteruskan oleh agency ke pihak IND di Belanda untuk mendapat surat undangan yang nantinya akan digunakan untuk mengurus visa. Jadi ada 2 tahap.

1. Antecedents Declaration**

Merupakan sebuah pernyataan bahwa kita tidak pernah terlibat kasus kriminalitas dan/atau sejenisnya.

2. Aplikasi Form**

Beberapa lembar tentang diri kita dan motivasi kita menjadi au pair serta pertanyaan mengenai pengetahuan kita tentang program au pair.

Serta beberapa foto yaitu foto diri sendiri, foto dengan anak-anak dan foto bersama keluarga.

3. Au Pair Agreement**

4. Child care reference**

Referensi tentang diri kita dalam mengurus anak, boleh dari siapa saja.

5. Medical Questionnaire**

Disarankan untuk diisi oleh dokter keluarga atau jika tidak memiliki dokter keluarga maka bisa kita minta isikan oleh dokter di medical center terdekat seperti puskesmas atau klinik.

6. Scan of Passpor

Scan seluruh halaman passpor mulai dari halaman depan hingga halaman terakhir.

7. Akta Kelahiran (Terbaru)

Pihak Kedutaan Belanda hanya akan melegalisir dokumen yang usianya tidak lebih dari 5 tahun. Karena akta lahir saya sudah berusia lebih dari 20 tahun maka saya harus memperbaharuinya.

Akan tetapi karena akta kelahiran pertama saya diterbitkan di Yogyakarta sedangkan domisili saya di Bekasi, maka saya harus memperbaharui akta kelahiran tersebut di Yogyakarta. Duh jauh banget, ga ada waktu dan berat di ongkos belum lagi harus menunggu beberapa hari hingga aktanya jadi. Kalau pake agent mahal.  Hufft.

Akhirnya saya meminta bantuan teman saya  yang sedang berada di Yogyakarta, untuk memasukkan permohonan pengurusan permintaan akta kelahiran kutipan kedua (dwibahasa). Untung teman saya baik hati mau membantu. *Terharu* (ini berarti saya harus siapkan oleh-oleh lebih banyak untuknya 😱)

**Sudah ada formatnya dari agency

Setelah ini masih ada tahap interview dengan pihak agency via skype. Jadi tinggal menunggu waktu deh, hingga pengurusan dokumen saya diajukan ke IND.

Proses approval untuk IND kurang lebih 3 minggu, dan untuk visanya sendiri kurang lebih 1 minggu.

Wish me luck. 🍀

 

Leave a Reply

