Tips Packing Untuk Berpergian Ke Luar Negeri

A540A2A1-06D8-4FC7-A9D7-D90258E2AD16-3097-000005D941215823
Source Google

Dear au pairs, gimana persiapannya?

Hari keberangkatan tinggal hitungan hari. Tapi persiapan masih setengah siap.

Kapasitas bagasi ada limitnya lagi, duh gimana dong? Apa saja sih yang perlu di bawa dan mana yang lebih penting?

Tenang, jangan panik… Masing-masing maskapai penerbangan memberikan fasilitas bagasi gratis dengan kapasitas yang berbeda-beda. Ada yang sampai 30 Kg loh seperti maskapai penerbangan Garuda Indonesia, atau kurang lebih 22 Kg untuk maskapai lainnya.

So pilihlah barang-barang yang kemungkinan akan terpakai dan berguna nanti, di antaranya:

1. Baju harian, seperti kaos, kemeja dan celana panjang maupun pendek. Bawa saja secukupnya 3 atau 4 buah masing-masing. Karena kemungkinan kita akan membeli baju di negara tujuan itu sangat besar menyesuaikan mode dan musim.

B6622A9F-7705-479D-9105-705C2E4D39C4-3097-000005D9537B89DD
Source Google

Oiya. Jangan lupa membawa underwear. Bawa yang bisa dicuci kering pakai bukan yang sekali pakai langsung buang. 😋

Jangan lupa untuk memasukan ke koper dengan digulung, ini lebih memberikan ruang dibanding dilipat.

2. Sarung tangan dan penutup kepala / kupluk / topi. Kalau yang ini sih saran saya bawa saja dari rumah karena lebih murah harganya dibanding harus beli perintilan kecil seperti ini.

3. Sabun muka. Apabila kita memerlukan sabun khusus yang biasa kita pakai belilah dan bawa beberapa.

4. Netbook atau Laptop.  Benda ini sangat berguna bagi kita yang suka browsing atau blogging atau mungkin streaming film dikala bosan. Belum tentu di kamar kita nanti terdapat tv. Jangan ketinggalan untuk bawa chargernya. Hehe.

5. Kamera digital dan aksesorisnya. Perjalanan ke luar negeri dan petualangan akan segera dimulai jangan lupa untuk mengabadikannya. Tongsis dan mini tripod akan sangat berguna ketika hendak melakukan foto dengan timer.

6. Flat shoes. Bawalah flat shoes dan masukan ke koper karena akan lebih baik untuk memakai sneakers atau sport shoes jadi ga makan tempat dikoper.

7. Tas kecil atau ransel. Benda ini berguna untuk menaruh benda-benda penting seperti passpor, dompet, HP, boarding pass. Kita dapat menaruh tas tersebut di bawah kursi kita untuk mencegah kehilangan atau terjadi hal buruk yang tidak diinginkan lainnya.

8. Kaus kaki. Ini sifatnya optional untuk bawa dari rumah atau beli di negara tujuan. Tapi benda ini paling penting karena akan sering kita pakai bahkan di dalam rumah sekalipun kita pakai kaus kaki, karena lantainya dingin.

9. Bawa bumbu-bumbu instan dan makanan instan.

AFE82105-0D79-48AC-B0E5-759386B88D44-3097-000005D8A96335A1
Source Google

Contohnya bumbu rendang, bumbu nasi goreng, tepung bumbu ayam goreng, mie instant favoritmu, kecap dan saus sambal sachet. Oh iya satu lagi yang paling penting. Bon cabe. Hehe kalau bagi lidah saya ini sih penting banget. Soalnya masakan eropa rasannya cenderung plain jadi mudah bosan. Bumbu-bumbu tersebut berguna jika kita kangen masakan Indonesia.

Nah, itulah beberapa benda yang wajib untuk dibawa. Lalu bagaimana dengan benda lainnya?

– Handuk. Tidak perlu membawa handuk dari rumah sebenarnya karena nanti akan dipinjamkan oleh host family. Kalau mau bawa yang kecil saja.

– Jaket musim dingin. Mungkin kita bisa membelinya dengan harga murah di pasar loak di pasar senen.

Namun saran saya, lebih baik membeli di pasar loak/flea market di Negara tujuan saja. Selain harganya juga murah kualitasnya juga lebih bagus ketimbang di pasar senen dan ga bau apek.

Waktu itu saya dapat jaket musim dingin H&M seharga 5€ saja dan barangnya masih bagus. Dijamin.

– Sepatu boots atau sepatu musim dingin. Sama halnya dengan jaket musim dingin kita dapat membelinya di flea market. Sepatu ini akan berguna jika cuaca sedang dingin atau bersalju sehingga kaki akan tetap terasa hangat dan tidak terjatuh saat jalanan licin.

– Shampo, sabun, pasta gigi, pembalut. Minta belikan sama host parent saja. Seharusnya ini sudah menjadi bagian dari fasilitas tempat tinggal.

– Buku & alat tulis. Kamu akan perlu buku tulis untuk mencatat pelajaran dari tempat kursus ataupun untuk agenda. Bisa kamu beli sendiri atau minta belikan host parent kamu.

So, gimana udah selesai packing? Berapa kilogram kopernya? Hehe..

Semoga perjalanan kamu menyenangkan. 🌻

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s