Mengenal Budaya Finlandia

63CF33DB-93FB-4C19-ABE9-7E34C6BBE9A5-2856-0000051F50F81405Sesuai dari tujuan program au pair, yaitu pertukaran budaya, lalu pengetahuan apa sih akhirnya yang didapat dari menjadi au pair di Finlandia?

Ohh.. Banyak sekali. Mulai dari mengenal karakter khusus orang Finlandia yang cenderung introvert, melihat aurora borealis atau northern lights sampai mencoba sauna yang merupakan kebiasaan yang dilakukan masyarakat Finlandia pada umumnya.

1. Orang Finland Cenderung Introvert

Ya mereka seperti kebanyakan orang introvert lainnya lebih menyukai personal space atau jarak dan privasi. Bagi mereka privasi adalah hal yang sangat penting.

Hampir tidak akan ditemukan orang Finlandia akan saling menyapa atau berjabat tangan saat di jalan atau aktifitas di luar.

D91C6AD3-4C4E-4923-94D1-E87393AD8B18-2313-000004B9EB9EB021
Source Google

Pada saat naik bus, mereka akan menempati kursi-kursi yang kosong terlebih dahulu sampai barisan paling belakang, baru menempati kursi yang di sebelah ya sudah di tempati seseorang. Dan tidak akan ada juga percakapan random di bus pada orang yang baru pertama di temui (orang asing). Bisa dibayangkan busnya sangat tenang.

Berbeda dengan di Indonesia mungkin percakapan random sering terjadi dan ini menandakan bahwa orang tersebut ramah. Tapi di Finlandia adalah sebaliknya, hal itu adalah sikap yang “rude” because you might scare the person whom sit next to you.

2. The Most On Time People in The World

Membuat janji dengan mereka harus benar-benar ontime. Misalnya janji bertemu jam 7 di depan pintu masuk stasiun maka mereka benar sudah ada di situ tepat pukul 7. Berangkatlah lebih awal, apabila terlambat katakanlah berapa menit estimasi waktu keterlambatan, misalnya 2 menit. (Padahal hanya 2 menit lho, tapi mereka tetap harus memberi tahu)

Bagi mereka waktu adalah segalanya, buat apa membuang waktu untuk hal yang kurang penting atau sia sia jika bisa diisi dengan hal yang bermanfaat.

Contohnya seperti saat memasak, jika bisa melakukannya dalam 15 menit mengapa harus melakukannya berjam-jam, kata lainnya mengapa harus berlama-lama untuk sekedar memasak jika waktu tersebut bisa diisi dengan berolah raga atau melakukan hobi.

3. Sporty Man

Orang Finlandia merupakan orang yang gemar melakukan olah raga. Mulai dari Jogging, jalan sehat atau sekedar berjalan kaki di luar/ke hutan, berkuda, gym, skiing, ice skating, wakeboarding, skydiving, dll.

7A1CBDBB-1429-45A0-9881-F77E492F42D1-2731-000004BDD13DA8EA
Source Google

4. Sauna

Tinggal bersama The Finnish Family membuat saya merasakan sauna setiap malam atau setiap habis lari malam. Karena udara di luar dingin maka sauna akan membantu menstabilkan kondisi tubuh kita.

Naked! Ketika bersauna biasanya semuanya naked, sauna hal ini memiliki arti “Come as you are”, namun apabila kita merasa canggung kita dapat memakai baju renang (jika di sauna umum) atau handuk di sauna pribadi.

66C3C092-84FA-4CE0-BB20-2659D3F44B37-2313-000004B978432C3F
Source Google

5. Icy Lake Swimming

Berenang di danau beku di musim dingin tentunya merupakan hal nyentrik bagi pendatang yang hendak mencoba hal tersebut.

Terdapat lubang di danau yang beku selama musim dingin, suhunya kira-kira sekitar minus 10-20° Celcius. Satu persatu orang akan menceburkan diri ke dalam lubang es yang berisikan air es itu kemudian muncul lagi ke permukaan. Entah akan duduk-duduk dahulu sambil menikmati sosis panggang atau segera masuk ke sauna.

1DFB5FD7-079A-46D5-9FD8-EB876FF94060-2313-000004B8CCDA7463
Source Google

Terdapat sauna umum di tempat-tempat ini. Jadi kita bisa berenang di air es kemudian sauna. Bagi mereka ini sangat menyehatkan.

6. Northern Light

The magical lantern called Aurora Borealis. Biasanya kita dapat melihatnya di Finlandia bagian utara ketika musim gugur dan musim dingin. Sungguh cantik dengan perpaduan warna hijau, merah, jingga, violet dan putih. Tapi tergantung biasanya hanya satu warna saja.

380DF0FD-B900-4C47-B966-859E15389032-2313-000004B9A75B3436
Source Google

Kalau kamu dapat melihatnya di wilayah bagian selatan kemungkinan kamu adalah orang yang beruntung. Seperti saya waktu itu pada tahun baru melihat di pekarangan rumah host family dan mereka mengatakan hampir 30 tahun hidup mereka baru melihatnya ada di bagian selatan, ini adalah peristiwa langka. Lucky 😋.

7. Sistem Pendidikan yang Bagus

Well di Finlandia terkenal dengan sistem pendidikan yang bagus.

Biasanya anak sekolah akan berangkat ke sekolah pukul 8 pagi dan pulang pukul 1 atau 2 siang. Sore harinya mereka biasanya mempunyai kegiatan hobi seperti berkuda, gymnastics, atau bermain bola. Hal ini di tanamkan oleh orang tuanya untuk menjadi aktif sejak dini, mungkin itu sebabnya orang Finlandia sangat aktif dan suka berolahraga.

Di Finland, anak yang akan lulus sekolah menengah pertama tidak diwajibkan untuk meneruskan ke sekolah umum menengah atas untuk jenjang selanjutnya. Mereka bebas memilih jika ingin masuk sekolah kejuruan seperti jurusan memasak atau seni, di mana tidak diharuskan belajar matematika seperti disekolah umum.

Sebenarnya hal ini sama dengan di Indonesia ada SMU dan SMK namun mungkin mereka yang gengsi lebih memilih ke SMU.

Mereka juga tidak diwajibkan untuk masuk ke Universitas. Biasanya mereka memilih bekerja dan mendapat penghasilan, karena untuk masuk ke Universitas juga cukup sulit.

Mereka yang menyukai seni dapat mengambil sekolah seni atau bahkan universitas seni, dengan berbagai jurusan seperti seni rupa atau perhiasan.

Ada juga sekolah atau universitas ilmu terapan yang lebih banyak ke praktek dibanding teorinya.

Bedanya dengan sistem pendidikan di Indonesia yang seleksi masuknya terpaku pada peringkat nilai saja, sedangkan di Eropa lebih mengarah kepada minat dan bakat (kemampuan), biasanya tidak ada test tertulis lagi seperti di Indonesia (ujian mandiri, simak UI, atau SNMPTN dsb), jika kamu sudah lulus sekolah menengah atas kamu dianggap mampu dan memiliki wawasan yang baik. Jadi untuk seleksi masuknya hanya dibutuhkan transkip nilai dan surat motifasi mengukuti program kuliah selanjutnya, serta portfolio apabila hendak mendaftar institute seni atau sejenisnya.

8. Etika Menyeberang Jalan

Jangan sekali-kali berhenti lama di Zebra Cross atau bahkan ngerumpi, karena orang yang ada di dalam mobil akan berhenti dan menunggu hingga kita menyeberang.

9. Salmmiäkki

The worst candy ever. Rasanya iyuuhh enggak banget, eneg. Tapi herannya mereka suka sekali. Permen yang berwarna hitam ini memiliki rasa asin yang menggelikan. Saya sering kali dikerjai oleh host parents saya agar saya mau mencobanya. 🙄

Baik permen atau liquor nya sangat tidak direkomendasikan untuk dicoba, bisa muntah karena eneg sepanjang masa, menjadi mimpi buruk hingga esok hari dan dapat menghancurkan rasa makanan lezat yang baru di makan.

D616CE96-EFAA-48C2-A6F8-C7F558E42150-2313-000004BA482DD4C6
Source Google

10. Small Talk

Ini terjadi jika kita melakukan percakapan lewat text. Biasanya mereka hanya mengatakan hal-hal yang penting saja, singkat dan padat.

72070F7F-C1CB-4E3B-BF6E-E882360B0422-2313-000004BA1984B83F
Source Google

Saya : Halo apa kabarmu Yukka? Hari ini cerah sekali ya cocok untuk beraktifitas di luar, tetap semangat dan semoga harimu menyenangkan.

Yukka : Tyty.*

*Thankyouthankyou 😂

Tidak ada basa basi lainnya. Haha.

Begitulah kira-kira yang saya dapat ketahui setelah hidup dan menjadi bagian dari keluarga dan budaya Finlandia.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s